Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Garuda Taklukkan Malaysia Tiger
31 Maret 2012
Indonesia Garuda Taklukkan Malaysia Tiger
 
 

Tim bulutangkis Indonesia Garuda yang bertanding pada kejuaraan Axiata Cup 2012 berhasil unggul atas tim Malaysia Tiger 2-1. Pertandingn antara tim Indonesia Garuda melawan Malaysia Tiger menandai pertandingan semifinal Leg pertama yang dimainkan di Jakarta. Indonesia menurunkan tim yang sama ketika mengalahkan tim Malaydia Leopard. Pasangan dadakan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali dipasangkan.

Angka pembuka Indonesia Garuda dipersembahkan oleh tunggal pertama Taufik Hidayat. Malaysia Tiger yang tidak diperkuat oleh pebulutangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei hanya menurunkan Daren Liew sebagai tunggal pertama. Taufik yang pernah bertemu sebanyak dua kali dalam pertandingan resmi, kali ini bermain taktis. Jika di dua pertemuan sebelumnya Taufik menang dengan rubber game, kali ini ia hanya butuh dua game saja untuk mengalahkan pemain Malaysia berperingkat dua puluh delapan dunia. Di game pertama Taufik menang dengan 21-19. Tak mudah bagi Taufik untuk bisa menang dengan mudah di game pertama. Ia bisa di tempel ketat oleh pemain Malaysia. Ia yang sudah unggul jauh dengan 15-7 bisa di samakan oleh pemain Malaysia menjadi 18-18.

Di game kedua Taufik bermain semakin membaik, sementara pemain Malaysia tidak tampil dengan performa terbaiknya. Dalam waktu singkat Taufik menang dengan 21-9.

Saya sempat buru-buru ingin memenangkan pertandingan, sementara permainan Daren juga tambah bagus. Untungnya saya bisa menang mudah di game kedua, pada intinya kami bersyukur bisa menang hari ini,” ujar Taufik mengomentari jalanya pertandingan.

Angka kedua disumbangkan oleh ganda dadakan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Strategi yang di buat oleh kubu Indonesia Garuda ternyata berbuah manis. Berkaca pada pengalaman ketika Sea Games 2011 lalu ketika Mohammad Ahsan/Bona Septano kalah dari pasangan Lim Kim Wah/Goh V She, Indonesia pun merubah stategi pemain. Kombinasi pasangan ini ternyata mampu membuat pasangan Malaysia kurang siap. Di dua game yang di mainkan, pasangan Malaysia tetap sulit beradaptasi dengan pola permainan pasangan Indonesia. Tak ayal, pasangan Indonesia pun menang dengan 21-17, 21-17.

Kami bersyukur bisa menang hari ini, meskipun tadi sempat tertinggal poinnya, namun bukan berarti kami tidak kompak. Kami tadi sudah berusaha semaksimal mungkin, semoga kedepannya bisa tampil lebih baik lagi,” ungkap Ahsan.

Hendra/Ahsan tampil cukup bagus hari ini, mereka bermain dengan konsisten. Sementara pasangan kami belum pernah bertemu dengan kedua pemain ini, dan kami sebetulnya mempersiapkan diri untuk bertemu Ahsan/Bona,” ujar Tan Kim Her, pelatih ganda putra Malaysia beralasan.

Pada partai ketiga, Sony Dwi Kuncoro gagal menyumbangkan angka kemenangan setelah di kalahkan oleh tunggal kedua Malaysia Tiger Muhammad Hafiz Hashim dengan 13-21, 19-21. Kekalahan Sony tidak mempengaruhi kemenangan yang telah di peroleh oleh tim Indonesia Garuda. Leg kedua antara tim Indonesia Garuda dengan tim Malaysia Tiger akan dimainkan di Malaysia pada minggu 1 April 2012 di Kuala Lumpur, Malaysia.