Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Piala Sudirman 2019] Greysia/Apriyani Bawa Indonesia Jadi Juara Grup
22 Mei 2019
[Piala Sudirman 2019] Greysia/Apriyani Bawa Indonesia Jadi Juara Grup

Akhirnya Indonesia berhasil menjadi juara grup 1B pada putaran penyisihan  Piala Sudirman 2019. Meski kalah 2-3 secara tim dari Denmark, tetapi Indonesia muncul sebagai yang terbaik. Indonesia memimpin klasemen grup 1B diatas Denmark yang menempati peringkat kedua dan Inggris yang menjadi juru kunci. Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi penentu Indonesia menjadi juara grup. Bertanding pada partai terakhir, ganda putri nomor satu Indonesia ini menang dari ganda Denmark Maiken Fruergaard/Sara Thygesen.

Pertemuan Greysia/Apriyani dengan lawannya adalah untuk yang kempat kali dengan kemenangan masih berpihak kepada ganda Indonesia dengan 3-0. Di game pertama pertandingan begitu ketat. Lawan mampu mengimbangi permainan Greysia/Apriyani. Angka sama juga terjadi sampai 16-16. Greysia/Apriyani yang bermain dengan sabar, akhirnya bisa menang dengan 21-18.

Di game kedua, ganda Indonesia berada di atas angin. Greysia/Apriyani tetap bermain konsisten dengan pola yang dimainkan. Tanpa bisa diimbangi lagi, Greysia/Apriyani melesat menang dengan 21-13.

Apriyani mengungkapkan rasa bahagianya bisa membawa Indonesia menjadi juara grup. "Alhamdulillah Indonesia juara grup," ujar Apriyani kepada badmintonindonesia.org.
"Kami tahu kami penentu kalau juara atau enggaknya, kami mau jadi juara, jadi kami mau pikirkan itu saja, fokus ke permainan, ambil poin ini. Kekalahan teman-teman sebelumnya tidak mempengaruhi kami. Kami mau menyumbangkan satu poin karena penting banget buat Indonesia," ungkap  Greysia.
"Pemain Eropa percaya dirinya tinggi, kami nggak boleh lengah, tetap tekan mereka, adu strategi dalam ngotot-ngototan, adu dari segi non-teknisnya," sambung Greysia.

Unggulnya Indonesia atas Inggris di pertandingan pertama dengan skor 4-1 membuat keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Meski kalah 2-3 dari Denmark, Indonesia akhirnya bisa menjadi yang terbaik digrup 1B dan berhak meneruskan perjuangan di babak perempat final. Ini merupakan langkah yang baik agar Indonesia terhindar bertemu dengan tim kuat pada babak delapan besar. (AR)