Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tunggal Putri Maju Ke Semifinal
05 November 2011
Tunggal Putri Maju Ke Semifinal
 
 

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Elyzabeth Purwaningtyas menjadi wakil Indonesia satu-satunya di nomor tunggal pada babak semifinal Kejuaraan Dunia Yunior 2011. Elyzabeth yang hanya diunggulkan di posisi 5/8 mampu menerobos masuk ke babak empat besar setelah mengalahkan pemain Jepang Yuki Fukushima. Perjuangan pantang menyerah dipertontonkan oleh tunggal putri Indonesia. Selama lima puluh enam menit, pebulutangkis Indonesia berperingkat 274 dunia ini bisa mengalahkan pemain Jepang. Pertandingan ini pun menjadi pertandingan terlama yang dimainkan pada babak perempat final.

Di game pertama pemain Jepang selalu bisa memimpin perolehan angka, sementara pemain Indonesia hanya bisa membayangi. Tetapi pada saat tunggal putri Indonesia tertinggal di angka angka kritis dengan 17-19, keadaan justru berbalik. Elyzabeth bisa menyamakan kedudukan dan memaksa angka berjalan dengan deuce 20-20. Tambahan dua angka yang di dapat Elyzabeth akhirnya membuat game pertama di rebutnya dengan 22-20. Di game kedua, konsentrasi Elyzabeth menurun. Pemain Jepang dengan mudah merebut game kedua dengan 21-10.
Pada game penentuan, jalannya pertandingan menjadi ramai. Kejar mengejar angka di awal game ketiga selalu terjadi. Sebelum perpindahan tempat, Elyzabeth bisa memimpin dengan 11-8. Pemain Jepang mulai bangkit, sedikit demi sedikit akhirnya pemain Jepang bisa menyamakan kedudukan pada 14-14. Sebanyak empat kali, kedua pemain ini bisa membuat angka sama, termasuk ketika peman Indonesia unggul 19-17 bisa disamakan oleh pemain Jpeang dengan 19-19. Beruntung dua angka berhasil di rebut Elyzabeth dan membuat kedudukan akhir menjadi 21-19 untuk pemain Indonesia sekaligus mengantarnya ke babak semifinal.

Di babak semifinal Elyzabeth akan menantang pemain Spanyol Carolina Marin. Meski datang dari negara antah berantah di dunia bulutangkis, tetapi Carolina Marin merupakan pemain handal. Ia bahkan sudah sering berkiprah pada kejuaraan bertaraf super Series dan peringkat dunianya pun berada pada 30 besar dunia atau tepatnya pada 29 dunia. Di tahun ini. ia menjadi juara pada turnamen Spanish Open 2011. Pemain macam Eriko Hirose dari Jepang pun pernah dikalahkannya pada kejuaraan Yonex BWF World Championships 2011. Jika ingin menapak partai puncak, Elyzabeth harus mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk bisa mengalahkan pemain Spanyol.

Unggulan utama tunggal putri Ratchanok Inthanon masih terus melaju. Ia semakin mantap menuju babak final. Dari babak kedua sampai babak perempat final belum satu game pun terlepas dari genggamannya. Dibabak semifinal ia akan bertemu dengan pemain Jepang Nozomi Okuhara yang menjadi unggulan 3/4.

Dua pemain tunggal putra Indonesia yang ada di babak perempat final akhirnya terhenti. Shesar Hiren Rhustavito meski telah berjuang selama tiga game tetapi akhirnya harus mengakui keunggulan pemain Jepang Kento Momota yang menjadi unggulan 3/4 dengan 21-16, 15-21, 15-21. Wisnu Yuli Prasetyo pun menyerah di tangan pemain yang di unggulkan di urutan kedua Zulfadli Zulkifli. Sempat merebut game pertama dengan 21-10, Wisnu menyerah di dua game yang tersisa dengan 10-21, 16-21. (AR)