Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kejuaraan Asia 2010 : Pemain Kualifikasi Juara Tunggal Putri
19 April 2010
Kejuaraan Asia 2010 : Pemain Kualifikasi Juara Tunggal Putri
 
 

Berangkat dari babak kualifikasi ternyata bukan berarti menjadi pelengkap penderita. Juara tunggal putri Kejuaraan Asia 2010, Li Xuerui dan sang runner up, Liu Xin membuktikannya. Xuerui menjadi satu-satunya jawara Kejuaraan Asia 2010 yang tidak berembel unggulan.

Pertandingan final antara Li Xuerui dan Liu Xin yang dimenangkan Xuerui dengan tipis 21-13, 18-21, dan 21-19 di ganda putri hari ini memang menarik. Mereka sama-sama muda, sama-sama non unggulan, dan sama-sama berangkat dari babak kualifikasi. Namun melihat kiprah mereka di New Delhi, tidak ada tanda-tanda mereka adalah atlet kemarin sore.

Li Xuerui adalah penjegal unggulan keempat asal Hong Kong, Yip Pui Yin (16 besar) serta unggulan pertama andalan tuan rumah, Saina Nehwal (semifinal), sedangkan Liu Xin adalah penjegal unggulan kedelapan asal negeri Sakura, Sayaka Sato (16 besar) dan atlet senior unggulan kedua asal Hong Kong, Zhou Mi (semifinal).

Dua gelar lainnya jatuh ke tangan China melalui sang macan tunggal putra kebanggaan China, Lin Dan yang membuktikan dirinya masih bertaring penuh di ajang Kejuaraan Asia 2010 dengan merebut gelar juara atas juniornya sendiri, Wang Zhengming, 21-17 dan 21-15.

Semua pertandingan Lin Dan tercatat sempurna. Enam kali ia bertanding, tak sekali pun ia kehilangan set. Semua pertarungan ia selesaikan dengan sempurna, dengan dua set kemenangan langsung. Boonsak Ponsana dari Thailand adalah lawan terdekat yang nyaris merusak rekor tersebut saat memimpin 20-19 di set pertama semifinal hari Sabtu (17/4), namun Lin Dan “mengamuk” dan mengejar sekaligus membungkam Boonsak di skor 22-20.

Pertandingan final menarik lainnya adalah dari partai ganda campuran dan ganda putra. Pasangan ganda campuran, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying asal Malaysia menang tipis 21-17, 20-22, dan 21-19 atas pasangan Korea Selatan, Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung lewat pertarungan terlama hari ini, satu jam lebih enam menit. Kalah di ganda campuran, Yoo membalasnya dengan kemenangan yang juga sangat tipis di ganda putra. Ia menang 21-19, 12-21, dan 21-17 atas Chen Hung Ling/Lin Yu Lang (TPE).

Dari ganda putri, kemenangan berpihak kembali pada China melalui Pan Pan/Qing Tian yang menang “mudah” 21-10 dan 21-6 atas Vivian Hoo/Woon Khe Wei asal Malaysia. (DC)

Sumber foto: www.internationalbadminton.org