Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Jepang Satu-Satunya Penantang China di Final
24 April 2011
Jepang Satu-Satunya Penantang China di Final
 
 

Salah satu pasangan ganda putra Jepang menjadi satu-satunya finalis non-China di Kejuaraan Asia yang sedang berlangsung di kota panda Chengdu, Sichuan, China setelah tiga semifinalis non-China lainnya tumbang di tangan perwakilan tuan rumah. Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata akan berhadapan dengan pasangan senior China, Cai Yun/Fun Haifeng.

Hirokatsu/Noriyasu melaju ke final setelah bertanding ketat dua set selama 42 menit melawan Chai Biao/Guo Zhendong. Sempat kesulitan di awal pertandingan, begitu skor berimbang empat sama di set pertama, pasangan Jepang tersebut berhasil menemukan cara melepaskan diri dari tekanan dan akhirnya melesat meninggalkan Chai/Guo sampai 21-14.

Di set kedua, kedua pasangan bermain lebih berimbang. Mereka terus-menerus saling menyalip hingga di penghujung set sehingga tidak mudah menentukan siapa yang akan mengambil set tersebut. Chai/Guo bahkan sempat memimpin lebih dahulu ke angka 19-17. Namun Hirokatsu/Noriyasu yang begitu cekatan dan tak kenal lelah berhasil mengejarnya dan bahkan sekaligus menutup set tersebut dengan kemenangan 21-19.

Pasangan muda Jepang peringkat 10 dunia tersebut melaju ke final untuk berhadapan dengan pasangan senior tuan rumah tiga kali Juara Dunia, Fu Haifeng/Cai Yun. Fu/Cai menang dengan mengalahkan yuniornya, Xu Cheng/Zhang Nan 21-19 dan 21-15 dalam pertandingan yang berjalan hanya setengah lamanya dari pertandingan Hirokatsu/Noriyasu, yakni, 23 menit.

Hirokatsu/Noriyasu menjadi satu-satunya wakil yang diharapkan mampu menggagalkan usaha China untuk menyapu bersih gelar di cabang olahraga bulutangkis karena empat partai lainnya akan mempertandingkan final antara sesama wakil China.

Selain itu, yang juga menarik adalah lolosnya Lu Lan ke final dengan mengalahkan Jiang Yanjiao 21-18 dan 25-23. Lu menjadi satu-satunya finalis tanpa emblem unggulan. Tampaknya ia ingin membuktikan pada pelatih tim nasional China bahwa ia masih layak untuk diperhitungkan.

Final hari ini akan mempertandingkan Lin Dan (1) melawan Bao Chunlai (7), Lu Lan melawan Wang Yihan (2), Hirokatsu/Noriyasu (8) melawan Fu/Cai (1), Tian Qing/Zhao Yunlei (6) melawan Wang Xiaoli/Yu Yang (2), serta Zhang Nan/Zhao Yunlei (1) melawan Xu Chen/Ma Jin (8). Pertandingan akan dimulai pukul 12 siang WIB. (DC)