Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Super Series Final 2014] Ahsan/Hendra Satu Grup Dengan Lee/Yoo
17 Desember 2014
[BWF World Super Series Final 2014] Ahsan/Hendra Satu Grup Dengan Lee/Yoo
 
 

Kejuaraan bulutangkis dunia tahun 2014 akan segera ditutup. Penutupan kejuaraan Seri Super Series dan Super Series Premier di tandai dengan di gelarnya kejuaraan BWF World Super Series Final 2014. Dubai, mendapat kehormatan sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan yang biasanya diselenggarakan di akhir tahun ini. Tidak semua pemain bisa merasakan gelegar kejuaraan yang tahun ini menyediakan hadiah total sebesar US$ 1.000.000,-. Hanya pemain yang memiliki peringkat super series terbaik lah yang bisa menjadi peserta. Babak penyisihan akan menggunakan sistem setengah kompetisi. Delapan pemain tunggal dan ganda akan terbagi menjadi dua  grup. Hanya juara dan runner up lah yang berhak meneruskan pertandingan ke babak semifinal.

Indonesia di ganda putra diwakili oleh pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Peringkat Super Series pasangan yang tahun 2014 meraih gelar juara All England ini menempati urutan ke-4. Berbekal urutan inilah Ahsan/Hendra berharap mempertahankan gelar juara yang tahun lalu di raihnya.

Namun tak mudah bagi ganda nomor satu Indonesia ini untuk mewujudkan impiannya. Ahsan/Hendra berada satu grup bersama dengan musuh bebuyutannya dari Korea Selatan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Masih di grup A, Korea Selatan juga menyertakan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol, sementara satu tempat lagi di isi ganda China Chai Biao/Hong Wei.

“Semua pemainyang lolos ke turnamen ini memang bagus-bagus. Delapan pasangan ganda putra terbaik dunia ada di sini. Jadi kami siap saja mau hasil undiannya seperti apa,” ujar Hendra seperti yang di utarakan kepada badmintonindonesia.org.

“Lawan terberat di grup ini memang Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Tapi ya kami tidak mau gimana-gimana, biasa saja lah, yang penting siap. Soal strategi juga belum ada, nanti lihat kondisi di lapangan juga. Kami mau fikus satu demi satu pertandingan, pokoknya lolos ke semifinal dulu. Jadi juara atau runner up tidak masalah yang penting ke semifinal dulu,” tambah Ahsan.

Pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong memang pantas mendapat perhatian lebih. Tujuh kali sudah Ahsan/Hendra bertemu dengan pasangan Korea Selatan yang kini menjadi ganda putra nomor satu dunia. Untuk sementara ganda Korea unggul dengan 5 kemenangan berbanding 2 kekalahan.

Di hari pertama kejuaraan yang di laksanaakan hari ini (17/12) Ahsan/Hendra akan berjumpa ganda China Chai Biao/Hong Wei. Pada pertemuan pertama yang terjadi pada kejuaraan Japan Open Super Series 2013, kemenangan diraih Ahsan/Hendra.

Di grup B tak kalah serunya. Empat pasang ganda putra dari manca negara kumpul di Grup ini. Terdapat ganda Taipei Lee Seng Mu/Tsai Chia Hsin, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dari Jepang, juara All England 2013  Liu Xiaolong/Qiu Zihan, dan wakil Eropa Mathias Boe/Carsten Mogensen. (AR)