Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open Super Series Premier 2014] Owi/Butet Belum Terhadang
16 Januari 2014
[Malaysia Open Super Series Premier 2014] Owi/Butet Belum Terhadang
 
 

Berbekal pengalaman dua kali menang, pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kembali bisa menekuk ganda campuran Jepang Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo di babak pertama kejuaraan Malaysia Open Super Series Premier 2014, kemarin (15/1). Berbeda dengan pada saat kejuaraan dunia 2013 yang harus bermain ketat tiga game, kali ini ganda campuran nomor satu Indonesia bisa menghentikan lawan yang ada di peringkat 19 dunia ini hanya dalam dua game, 21-10, 21-17. Dengan kemenangan ini maka rekor pertemuan kedua pasangan ini tetap di pimpin ganda campuran Indonesia dengan 3-0.

“Waktu di BWF World Championships 2013, pressure-nya tinggi. Sekarang situasinya berbeda, kalau main normal kami masih lebih unggul dari Hayakawa/Matsutomo. Tetapi mereka ada kemajuan juga dibanding pertemuan sebelumnya,” ujar Liliyana mengomentari lawan yang di kalahkannya kepada badmintonindonesia.org.

“Mereka mengubah permainan di game kedua. Di game pertama mereka menerapkan permainan serang. Sementara di game kedua, mereka lebih banyak bermain bertahan. Perubahan ini yang belum kami antisipasi, jadi sempat ketinggalan. Setelah bisa menyesuaikan, kami kembali mengontrol permainan,” tambah Tontowi.

Dua pasang ganda campuran Indonesia lainnya juga berhasil lolos ke babak kedua. Riky Widianto/Richi Puspita Dili berhasil mengalahkan ganda kuat Korea Selatan Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na melalui rubber game. Kalah di game pertama dengan 19-21, Riky/Richi memenangi dua game yang tersisa dengan 21-17, 21-17.

“Awalnya, kami masih membaca permainan lawan, karena kami belum pernah bertemu mereka. Di game kedua dan ketiga, kami mulai bisa menemukan pola main yang pas. Yoo cukup pintar dan sempat mengubah permainan, tetapi kami bisa mengatasi hal ini,” papar Richi.

Pasangan kakak beradik, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet harus berjibaku hampir satu jam untuk bisa menghentikan ganda Denmark Anders Kristiansen/Julie Houmann dengan 21-19, 9-21, 24-22.

Di babak kedua hari ini (16/1), Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan bertemu ganda Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo. Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet akan berhadapan dengan ganda Korea Selatan Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung yang di babak pertama mengalahkan Gideon Markus Fernaldi/Rizki Amelia Pradipta. Sementara itu Riky Widianto/Richi Puspita Dili akan meladeni permainan ganda tangguh asal China, Xu Chen/Ma Jin yang merupakan unggulan ke-4. (AR)