Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open Super Series Premier 2014] Praveen/Debby Bungkam Unggulan
17 Januari 2014
[Malaysia Open Super Series Premier 2014] Praveen/Debby Bungkam Unggulan
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Belum genap sepekan berpasangan di turnamen resmi, ganda campuran baru Praveen Jordan/Debby Susanto mulai memakan korban. Salah satu pasangan yang masuk dalam sepuluh besar dunia sukses di bungkam pada kejuaraan Malaysia Open Super Series Premier 2014. Praven/Debby menghentikan pasangan ganda campuran Malaysia yang sangat di andalkan oleh tuan rumah.

Praveen/Debby menjalani babak kedua kemarin (16/1) dengan menghabiskan waktu lebih dari satu jam saat berhadapan dengan unggulan ke-6, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Meski sempat tertinggal 18-21 di game pertama, namun baik Praveen maupun Debby pantang menyerah menjaga setiap jengkal lapangan yang di tempatinya. Hasilnya pun di game kedua, Praveen/Debby berbalik unggul dengan 21-17.

Di game penentuan pasangan Indonesia sempat unggul jauh 10-1. Namun setelah itu pasangan Malaysia bisa kembali menemukan irama permainannya sementara pasangan Indonesia kembali dalam keadaan tertekan. Pasangan Malaysia pun ganti memimpin menjadi 14-13. Sesudahnya angka berjalan rapat dan harus melewati deuce. Rupanya Dewi keberuntungan tengah memayungi pasangan Indonesia. Setelah angka sama 22-22, pasangan Indonesia mampu menyentuh angka 24 terlebih dahulu sementara pasangan Malaysia tetap di posisi 22.

“Saat tersusul, kami sempat panik dan mainnya jadi tidak tenang. Walaupun balik tertinggal, kami tidak mau menyerah dan terus mencoba kembali ke ritme permainan semula. Kami juga merasa ada faktor keberuntungan di saat-saat kritis tadi,” ujar Debby kepada website PBSI. “Kuncinya adalah tidak mudah putus asa dan jangan menyerah,” tambah Praveen.

Pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga masih terlalu perkasa bagi ganda campuran Singapura Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Yeo. Unggulan ke-2 ini menang straight game dengan 21-16, 21-15 dan berhak mengantongi tiket babak perempat final.

Pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zabadiah Bernadet juga ikut melenggang ke babak perempat final usai mengalahkan pasangan Korea Selatan Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung dengan 21-16, 21-17.

Di babak perempat final hari ini, dua pasangan ganda campuran Indonesia akan saling berhadapan. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan bertemu dengan Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet untuk memastikan satu tempat di babak semifinal. Dalam ajang resmi, kedua pasangan ini sudah bertemu sebanyak empat kali, dan pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir masih unggul di keempat pertemuan mereka.

Praveen Jordan/Debby Susanto kembali akan bertemu pasangan top dunia di babak delapan besar. Kali ini pasangan Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen yang merupakan unggulan ke-3 akan menjadi lawan mereka.

Riky Widianto/Richi Puspita Dili menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang gagal meneruskan perjuangan. Riky/Richi takluk di tangan unggulan ke-2 asal China, Xu Chen/Ma Jin dalam dua game dengan 14-21, 16-21. (AR)