Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open 2019] Rinov/mentari Melangkah Pasti ke Final
17 Maret 2019
[Swiss Open 2019] Rinov/mentari Melangkah Pasti ke Final
 
 

Pasangan ganda campuran unggulan delapan asal Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melangkah pasti ke babak final kejuaraan Swiss Open 2019. Kepastian pasangan Indonesia itu ke babak final setelah mereka mengalahkan ganda campuran asal Taiwan Lu Ching Yao/Lee Chia Hsin bertempat di ST Jakobshalle Basel, Swiss, Sabtu (16/3) malam waktu Swiss.

Untuk maju ke babak final, Rinov/Mentari dipaksa melakoni pertarungan panjang dan menang rubber game. Meski di game pertama, Rinov/Mentari menang dengan angka, 21-13. Tetapi di game keduanya justru, mereka kalah tipis, 19-21 akibat tak dapat menguasai permainan.

Namun di game tiganya, Rinov/Mentari kembali menguasai pertarungan hingga unggul jauh memasuki interval, 11-4 dan akhirnya mereka pun menang telak di game penentu tadi, 21-9.


"Di game kedua, lawan mengubah pola main, lebih berani main no lob, sedangkan kami banyak salah sendiri. Game ketiga kami lebih siap, terutama adu no lob nya, ambil pelajaran dari game kedua," jelas Rinov, dilansir badmintonindonesia.org.


"Dari awal kami yakin bisa menang, tadi game pertama udah enak mainnya. Tapi di game kedua mereka ubah pola, kami tidak siap. Pada game ketiga kami lebih fokus, kalau kehilangan satu poin, harus siap dapat satu poin lagi dan seterusnya," tambah Mentari.


Pada babak final kejuaraan berlevel BWF World Tour Super 300 nanti, Rinov/Mentari akan berhadapan dengan pasangan Denmark Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby yang sebelumnya pada laga semifinal tadi juga mengejutkan bisa menundukkan pasangan Tiongkok Lu Kai/Chen Lu dalam drama tiga game dengan angka akhir. 20-22, 21-19 dan 23-21.


"Biasanya pasangan Eropa tipe mainnya mirip-mirip, mereka banyak main di taktik. Bagaimanapun juga besok kami punya kans untuk juara, peluangnya 50-50," ujar Rinov. (ds)