Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Kejurnas PBSI 2017] Atlet Cipayung Siap Bersaing di Kejurnas
24 November 2017
[Kejurnas PBSI 2017] Atlet Cipayung Siap Bersaing di Kejurnas
 
 

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2017 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung siap digelar mulai Selasa (28/11) hingga Sabtu (2/12) mendatang di GOR Sahabudin dan GOR Kacang Pedang, Pangkal Pinang. Persaingan di arena pun diprediksikan akan sengit, baik di divisi satu maupun dua. Ataupun kelompok usia U19.

Seluruh atlet Pelatnas akan turut bersaing di ajang bulutangkis paling bergengsi berskala nasional ini. Hanya mereka yang berlaga di Korea Masters 2017 yang akan digelar di saat yang bersamaan dengan Kejurnas, dan atlet-atlet yang mempersiapkan diri ke Dubai World Superseries Finals 2017.

“Permintaan kami kepada pelatih, bahwa untuk pemain yang tidak main ke Dubai dan Korea, dipastikan turun ke Kejurnas. Ini merupakan komitmen dari pengurus dan panitia untuk menjadikan Kejurnas sebagai satu ajang kejuaraan yang bergengsi skala nasional,” kata Kabid Pembinaan dan Prestasi, Susy Susanti di Cipayung pada Jum’at (24/11).

Susy juga mengatakan, akan menggunakan Kejurnas sebagai ajang pemantauan dan evaluasi atlet di luar dan dalam Pelatnas PBSI untuk menentukan promosi dan degradasi.

“Kejurnas merupakan ajang untuk pemantauan dan evaluasi buat kami. Kalau pemantauan berlaku untuk atlet-atlet di luar Pelatnas, sedangkan evaluasi tentunya untuk pemain-pemain yang ada di dalam Pelatnas PBSI, untuk menentukan promosi dan degradasi. Kami ingin menjadikan Kejurnas sebagai salah satu turnamen bergengsi di Indonesia. Walaupun tahun ini kami belum bisa menurunkan semua pemain top Indonesia, dan pemain top dunia yang ada di Indonesia. Karena memang planning turnamennya sudah ada, sehingga kami tidak bisa menurunkan semua. Tapi tahun depan kami akan berusaha untuk meningkatkan keikutsertaan, sehigga gengsi turnamen ini bisa lebih tinggi lagi. Dan tentunya sebagai penghargaan juga untuk Kejurnas ini, bahwa juara nasional itu benar-benar juara yang sebenarnya. Jadi tahun depan kami akan berusaha untuk menurunkan semuanya,” ungkap Susy lagi.

Baca juga: [Kejurnas PBSI 2017] Bangka Belitung Siap Jadi Tuan Rumah Kejurnas

Berbeda dengan tahun sebelumnya, juara Kejurnas tahun ini tidak mutlak masuk ke Pelatnas PBSI Cipayung. Namun hasil dari turnamen ini akan menjadi salah satu penilaian Susy dan tim untuk memberikan penilaian tersendiri bagi para juaranya.

“Untuk tahun ini, kebijakan dari kami juara Kejurnas tidak mutlak dipastikan masuk ke Pelatnas. Karena masih ada sedikit kelemahan dari Kejurnas itu sendiri, yaitu adanya kuota. Tidak semua pemain yang dimiliki pengprov-pengprov itu bisa ikut karena kuota. Jadi kami ingin lebih bijak lagi dalam memutuskan.Tapi ini bisa menjadi salah satu penilaian untuk dipantau. Contohnya untuk program magang sebelum dinilai bisa masuk atau tidak,” jelas Susy. (RI)

Baca juga: [Hongkong Open Superseries 2017] Greysia/Apriani Tembus Semifinal