Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Final Kejurnas: Tunggal Putri Tetap Milik Jawa Tengah
31 Januari 2010
Final Kejurnas: Tunggal Putri Tetap Milik Jawa Tengah
 
 

Dominasi Jawa Tengah di sektor tunggal putri memang tidak perlu diragukan lagi dan berhasil menciptakan final sesama wakil dari Jawa Tengah. Maria Kristin Yulianti berhadapan dengan unggulan dua di turnamen ini, Maria Febe Kusumastuti. Maria Kristin yang mendapat pelatihan keras dari PB Djarum sebelum masuk ke pelatnas akhirnya berhasil menumbangkan juniornya Maria Febe Kusumastuti dalam pertandingan seru tiga set. Unggul 21-17 di set pertama, Maria Kristin menyerah 17-21 di set kedua. Penonton yang menyaksikan langsung pertandingan ini sempat merasakan ketegangan kedua pemain sebelum akhirnya Maria Kristin yang lebih matang dan lebih memiliki banyak pengalaman berhasil menutup set ketiga dengan 23-21.

Bagi Maria Febe yang baru saja terpilih menjadi anggota tim Uber Indonesia tidak bisa menyembunyikan rasa kecewanya karena menargetkan juara pada turnamen ini. "Set kedua saya berani serang duluan secara terus menerus sehingga memenangkan set tersebut. Di set ketiga saya mencoba bermain aman dengan rally tetapi malah kecolongan di poin-poin kritis," ungkap Febe seusai pertandingan. " Ini pembelajaran bagi saya sekaligus menambah pengalaman serta persiapan menghadapi kualifikasi piala Uber," lanjutnya. Seusai kejurnas ini, Febe akan kembali berlatih keras menghadapi kualifikasi Piala Uber bersama rekan-rekannya yang lain.

Jawa Tengah menambah gelarnya melalui Ahmad Tantowi yang berpasangan dengan Greysia Polii yang mewakili DKI Jakarta. Tantowi/Polii mengalahkan unggulan utama Muhammad Rijal/Debby Susanto (Jawa Tengah) dengan skor 21-11 dan 21-19. Kegagalan Jawa Tengah meraih podium juara dialami oleh Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama Dasuki di nomor ganda putra, mereka kalah atas senior mereka di pelatnas yang juga peraih medali emas Olimpiade Beijing, Markis Kido/Hendra Setiawan yang mewakili DKI Jakarta dengan dua set langsung. Rian/Yonathan menyerah 9-21 dan 13-21.

Di ganda putri, Meiliana Jauhari yang merupakan atlet Jawa Tengah namun dipasangkan dengan Greysia Polii asal DKI Jakarta, sukses menjuarai nomor ini setelah mengalahkan pasangan gado-gado Jawa Tengah/DKI Jakarta juga, Shendy Puspwa Irawati/Liliyana dalam pertandingan tiga set, 21-19, 18-21 dan 21-17.

Partai final terakhir yang sudah dapat dipastikan memanjakan mata para pecinta bulutangkis, wakil Jawa Tengah, Andre Kurniawan Tedjono berhadapan dengan Sony Dwi Kuncoro yang turun mewakili Jawa Timur. Andre yang sukses menghentikan unggulan satu Simon Santoso pada semifinal, gagal meraih gelar juara setelah melakoni pertandingan dua set dengan tempo 55 menit. Andre dipaksa harus mengakui keunggulan Sony Dwi Kuncoro yang lebih diunggulkan di posisi dua pada kejurnas kali ini dengan 17-21 dan 20-22. (IR/HK)

HASIL PERTANDINGAN