Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Piala Sudirman Masih Bertahan di China
30 Mei 2011
Piala Sudirman Masih Bertahan di China
 
 

Kejuaraan Piala Sudirman ke-12 berakhir kemarin (29/5) dengan kemenangan telak 3-0 sang tuan rumah, China atas Denmark. Inilah kemenangan China empat kali berturut-turut sejak tahun 2005. Nampaknya, Sang Piala harus kembali menunggu untuk dijemput pulang. Semoga saja Sang Piala tidak sampai keburu betah menginap di China.

Pada tahun 1999, China juga bertemu dengan Denmark di final. Saat itu kedua finalis juga melaju ke final dengan mengandaskan Indonesia dan Korea Selatan. Hanya saja, 12 tahun lalu Denmark sempat mencuri satu angka, sehingga China menang dengan kedudukan 3-1. Tidak seperti tahun ini dimana China menang telak 3-0 karena partai ganda harapan Denmark langsung kandas melalui dua game. Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen kalah 14-21, 14-21 dari pasangan peringkat 35 dunia, Xu Chen/Ma Jin, sedangkan Carsten Mogensen/Jonas Rasmussen kalah 17-21 dan 13-21 dari Cai Yun/Fu Haifeng.

Atlet berpengalaman Denmark, Peter Gade pun kali ini tak mampu berkata banyak saat kembali bertemu Lin Dan. Pengalaman sering bertemu Lin Dan sampai 16 kali sebelumnya ternyata tetap tak memberikan materi cukup bagi Peter yang di pertemuan ke-17-nya ini kembali kalah 16-21 dan 11-21.

Walaupun kalah, tetapi lolosnya Denmark ke final tahun ini sudah merupakan prestasi tersendiri karena mereka sempat gagal melaju ke semifinal di dua perhelatan sebelumnya; bahkan absen selama 12 tahun dari babak final. Pertanyaannya adalah, kapan Indonesia dapat lolos lagi ke final setelah vakum selama empat tahun? (DC)