Turnamen Nasional
Home > Berita > Turnamen Nasional > Piala Thomas : Indonesia Maju ke Semi Final
12 Mei 2010
Piala Thomas : Indonesia Maju ke Semi Final
 
 

Tim Piala Thomas Indonesia berhasil maju ke babak semifinal setelah kembali mengalahkan India, kali ini dengan kedudukan akhir 3 – 0. Indonesia menurunkan susunan pemain yang  sedikit berbeda, tidak seperti saat mengalahkan India pada penentuan juara grup. Di barisan tunggal,  Taufik Hidayat tetap menjadi pemain utama. Simon Santoso dipercaya mengisi tunggal kedua, menggantikan Sonny Dwi Kuncoro yang masih di dera cidera. Sementara Dionysius Hayom Rumbaka muncul sebagai tunggal ketiga. Di sektor ganda, Indonesia menurunkan Nova Widianto/Mohamad Ahsan di ganda kedua, sedangkan pada ganda pertama tetap dipercayakan pada Markis Kido/Hendra Setiawan.

Taufik Hidayat kembali menjadi pembuka kemenangan Indonesia atas India. Lawan yang harus dihadapinya adalah Kashyap Parupalli, pemain  yang dikalahkannya pada saat penentuan juara grup. Lagi-lagi Taufik Hidayat dipaksa bermain rubber game. Set pertama Taufik yang berinisiatif menyerang menang dengan 21-12. Pada set kedua, pemain India mulai menemukan bentuk permainannya. Netting halus yang menjadi senjatanya kembali diperagakan. Taufik pun menyerah dengan 10-21. Pada set penentuan Taufik mulai berani meladeni permainan net lawan dan akhirnya merebut set penentuan dengan 21-17.

Taufik HidayatMarkis Kido/Hendra Setiawan kembali harus mengadapi pasangan yang sama, Sanave Thomas/Akshay Dewalkar. Meski pasangan India ini sempat memimpin perolehan angka diawal set pertama, namun akhirnya peraih medai emas Olimpiade Beijing ini mengakhiri set pertama dengan kemenangan 21-16. Keadaan tidak jauh berbeda dengan set kedua, Markis Kido / Hendra Setiawan menuntaskan dengan kemenangan 21-17.

Pada partai ketiga, Simon Santoso kembali bermain gemilang. Arvind Bhatt yang mengalahkan Sonny Dwi Kuncoro pada saat penentuan juara grup di buat tak berkutik. Simon selalu unggul dalam perolehan angka dan menang dengan 21-8, 21-10. Di babak semifinal, Indonesia akan menghadapi pemenang antara Jepang dan Jerman.

Tim Thomas Cup China juga berhasil maju ke babak semifinal. Pada Babak perempat final, pasukan tirai bambu ini kembali mengalahkan tim Thomas Cup Korea Selatan dengan 3-0. Pemain-pemain China tampil luar biasa. Seluruh partai yang dipertandingkan, berakhir dengan straight set. Kemenangan China diawali oleh Lin Dan  yang mengalahkan Park Sung Hwan dengan 21-16, 21-15. Absennya Lee Young Dae yang biasa berpasangan dengan Jung Jae Sung membuat Fu Haifeng/Cai Yun leluasa mengalahkan Jung Jae Sung/Baek Cheol Shin dengan 21-11, 21-16. Kemenangan China di tentukan melalui partai ketiga. Chen Jin tanpa ampun kembali  membekuk Wan Ho Shon dengan 21-15, 21-12. Pemenang antara Denmark – Malaysia akan menjadi lawan China di babak semifinal. (AR)