Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Kejurnas 2009 - Dominasi Jawa Tengah Masih Kental
29 Januari 2010
Kejurnas 2009 - Dominasi Jawa Tengah Masih Kental
 
 

Kejurnas Perorangan Taruna - Dewasa yang kemarin (28/1) memasuki perempat final maka pertandinganpun mulai diwarnai dengan pertandingan-pertandingan dengan durasi yang tidak sebentar dan persaingan pun semakin ketat. Beberapa unggulan masih tak terhentikan, di tunggal taruna putra, salah satu calon atlet masa depan Indonesia, Riyanto Subagja, masih terus menunjukkan taringnya dengan merebut satu tiket ke semifinal, setelah ia melakoni pertandingan tiga set dalam tempo hampir satu jam. Riyanto sempat menyerah di set pertama dengan 16-21, tetapi bukan Riyanto jika ia menyerah, Riyanto melibas lawannya Subhan Hasan dari DKI Jakarta yang merupakan unggulan 5/8 dengan 21-18 dan 21-17. Di semifinal (hari ini, 29/1) Riyanto akan ditantang Alrie Gunadarma dari Jawa Barat yang menaklukan Shesar Hiren Rhustavito, 13-21, 23-21 dan 21-19.

Sedangkan ditunggal taruna putri terjadi kejutan, dimana Febby Angguni yang merupakan unggulan pertama harus menyerah di tangan Ganis dari DKI Jakarta. Febby gagal mempertahankan keunggulannya untuk merebut tiket ke semifinal, menang 21-16 diset pertama, Febby menyerah 21-17, 21-17 di set kedua dan di set penentuan. Namun, Jawa Tengah masih memiliki Ana Rovita yang akan bertanding di semifinal, Ana merebut tiket semifinal setelah berhasil menghentikan perlawanan Dian Fitriani dari DKI Jakarta dalam dua set langsung, 21-18 dan 21-19. Ana akan ditantang Millicent I.W dari Sumatera Utara.

Di tunggal dewasa putri, PB Djarum yang turun mewakili Jawa Tengah mendominasi, 3 dari 4 tempat di semifinal dikuasai oleh atlet-atlet PB Djarum, Maria Kristin yang telah menjadi andalan squad putri Indonesia akan berhadapan dengan satu-satunya wakil non Jawa Tengah, Aprilia Yuswandari dari Jawa Timur. Sedangkan di partai semifinal lainnya, Fransiska Ratnasari akan berhadapan dengan Maria Febe Kusumastuti, dengan ini sudah dapat dipastikan akan ada wakil dari Jawa Tengah di final tunggal putri hari sabtu mendatang.

Di tunggal dewasa putra, Dionysius Hayom Rumbaka dan Andre Kurniawan Tedjono masih terus melaju setelah berhasil mengandaskan lawan-lawannya. Di semifinal akan terjadi pertandingan seru di kedua partai, Andre yang berhasil menghentikan Fauzi Adnan dengan 21-16 dan 21-13 akan menantang unggulan pertama yang merupakan atlet pelatnas Simon Santoso yang pada kejuaraan ini mewakili DKI Jakarta. Sedangkan Hayom, berhasil mengirim pulang wakil DKI Jakarta lainnya, Tommy Sugiarto dengan skor 21-17 dan 21-15 akan menantang Sony Dwi Kuncoro yang mewakili Jawa Timur.

Jenna Gozali/Maria Elfira Christina di ganda dewasa putri menang mudah atas Lidyawati Limanto/Sandrawati Wijaya (Kalimantan Timur) dengan skor cukup telak di kedua set, 21-11 dan 21-9. Mereka akan menantang Greysia Polii/Meiliana Jauhari. Ganda dewasa putra, Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama Dasuki masih terus melaju, setelah berhasil menghentikan perlawanan kompatriotnya Lingga/Wifqi Windarto, 21-17, 16-21, dan 21-14.

Ganda taruna putri, Jawa Tengah tinggal menyisakan Lidya Pradita/Yayu Rahayu, sedangkan di ganda taruna putra masih ada Dandi Prabudita/Jones Rafly Jansen yang mengalahkan musuh bebuyutannya asal Jawa Barat, Budi Hartono/Ricky Karanda Suwandi, 21-19 dan 23-21. Di semifnal mereka akan berhadapan dengan kompatriotnya, Praveen Yordan/Rangga Yave Rianto.

Di sektor ganda campuran pun, Jawa Tengah masih memiliki wakilnya untuk berlaga di semifinal. Di ganda campuran dewasa, Muhammad Rijal/Debby Susanto masih belum terhentikan, dan di ganda campuran taruna Didit Juang Indrianto/Yayu Rahayu masih terus melaju bersama dengan Jones Rafly Jansen/Nurbeta Kwanrico. Jawa Tengah masih memiliki wakilnya di setiap nomor untuk semifinal yang akan digelar pada 29 Januari 2009 mulai pukul 13.00 di Sudirman Hall, Surabaya.