Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Tak Libatkan Nonpelatnas - Skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2009
16 April 2009
Tak Libatkan Nonpelatnas - Skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2009
 
 

PB PBSI konsisten tak memanggil satu pun pemain nonpelatnas untuk memperkuat pasukannya yang diterjunkan ke Piala Sudirman di Guangzhou, Tiongkok, 10-17 Mei nanti.

Dengan demikian, kebutuhan pelatih memperkuat tim dengan memasukkan pemain senior nonpelatnas -seperti Vita Marissa, Flandy Limpele, atau Alvent Yulianto- tak bisa dipenuhi.

Dengan komposisi tim, separo dari 20 pemain merupakan muka baru di Piala Sudirman. Antara lain, Tommy Sugiarto, ganda pria Bona Septano/ Mohammad Ahsan, Rian Sukmawan/ Yonatan Suryatama, Shendy Puspa Irawati/ Meiliana Jauhari dan Nitya Krishinda. Muka lama yang sudah berpengalaman misalnya Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Maria Kristin Yulianti, dan Markis Kido/ Hendra Setiawan serta ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir.

Tak dipungkiri, kekuatan yang didominasi pemain muda itu cukup berisiko. Tapi, kasubbid pelatnas PB PBSI Christian Hadinata tidak hanya melihat hasil saat ini, tapi juga memikirkan regenerasi pemain di pelatnas.

Jika terus berharap pada pemain senior, regenerasi bisa semakin terhambat. "Piala Sudirman sekarang jadi ajang pembuktian pemain-pemain muda. Saya harap ini sekaligus sebagai persiapan untuk even beregu internasional berikutnya, seperti SEA Games Laos dan kualifikasi Piala Thomas-Uber tahun depan," kata Christian yang juga menjabat sebagai kepala pelatih Tim Sudirman.

Selain itu, Christian juga melihat keuntungan menurunkan pemain muda. "Mereka akan main nothing to lose menghadapi lawan-lawan yang pastinya punya ranking lebih tinggi," kata pria asal Purwokerto, Jawa Tengah itu.

Salah satu hasil manis yang ditunjukkan para pebulutangkis muda adalah ketika bertarung di SEA Games XII/2003 Vietnam. Kala itu Indonesia mengalahkan Malaysia di final nomor beregu. Padahal, pemain Malaysia punya ranking lebih baik dibanding tim Merah Putih.

Salah satu cara untuk meningkatkan kerja sama tim, PB PBSI bakal membawa para pemain Sudirman ke acara outbond pada 25-26 April nanti. Jadwal itu sekaligus menghapus agenda simulasi yang biasanya digelar sebelum tim nasional mengikuti kejuaraan beregu.

Rencana itu menunggu kepulangan ganda pria Kido/Hendra kembali dari Kejuaraan Asia di Suwon yang dimulai kemarin. Ajang tersebut menjadi ujian bagi pasangan tersebut setelah istirahat dari dua turnamen super series. Sebagaimana diberitakan, Kido mengalami cedera lutut kiri dan butuh perawatan khusus sehingga absen di dua turnamen itu. (vem/cfu/jawapos.co.id)