Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Djarum Superliga 2017] Menghitung Kekuatan PB Djarum vs Musica Champions
26 Februari 2017
[Djarum Superliga 2017] Menghitung Kekuatan PB Djarum vs Musica Champions
 
 

PB Djarum kembali akan berjumpa dengen Musica Champions di final Djarum Superliga Badminton. Dua tahun lalu, kedua tim ini berjumpa di GOR Lila Bhuana, Denpasar. Kala itu, PB Djarum dipaksa mengakui keunggulan juara bertahan dengan skor tipis 2-3. Dan hari ini (26/2), final ulangan ini akan digelar di DBL Arena.

Di partai pertama akan saling berjumpa Son Wan Ho melawan Chou Tien Chen. Di turnamen resmi BWF kedua tunggal papan atas dunia ini sudah lima kali berjumpa. Satu diantaranya berhasil dimenangkan Chou, sementara Son berhasil meraih kemenangan di empat laga lainnya. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Asia Mixed Team Championships dua pekan lalu. Son menang dengan 21-19 dan 21-7.

Partai kedua akan mempertemukan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Kedua pasangan ini memang belum pernah berjumpa di turnamen internasional, Ahsan dan Kevin pun belum pernah turun di turnamen resmi. Tetapi kedua pasangan ini sama-sama berlatih di Pelatnas. Kevin dan Fajar sama-sama turun di Kejuaraan Dunia Junior 2013 silam di Bangkok, Thailand, sementara Rian lebih junior dari Kevin dan Fajar. Catatan Ahsan sebagai pemain spesialis ganda putra pun tak diragukan. Laga ini tentu akan menyajikan laga sengit, dimana mereka dipastikan sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Di partai ketiga, laga adu gengsi antara dua pebulutangkis tunggal putra Indonesia. Ihsan Maulana Mustofa melawan Jonatan Christie. Dua tahun lalu, Ihsan dipaksa mengakui keunggulan Jonatan di partai kelima saat PB Djarum melawan Musica Champions. Di atas kertas, kali ini Jonatan lebih diunggulkan. Di ajang resmi BWF, mereka sudah berjumpa empat kali. Tiga pertemuan diantaranya berhasil dimenangkan Jonatan, terakhir Ihsan dipaksa mengakui keunggulan Ihsan di All England tahun 2016 lalu. Ihsan dipaksa menyerah 12-21 dan 17-21.

Di partai keempat, dua ganda Korea akan saling berjumpa. Juara dunia 2014, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol yang membela PB Djarum akan berhadapan dengan Lee Yong Dae yang diduetkan bersama Kim Sa Rang. Kedua ganda ini menghabiskan waktu yang sama di tim nasional Korea, laga ini pun patut dinanti. Keduanya sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sementara di partai kelima, Shesar Hiren Rustavito akan menantang Anthony Sinisuka Ginting. Shesar saat ini berada di ranking 101 dunia, sementara Anthony ada di urutan ke 33. Keduanya belum pernah berjumpa di ajang internasional, Shesar merupakan senior Anthony saat masih bertanding di laga domestik kelompok usia.

Siapa yang akan menjadi juara kali ini? (RI)